Pengaruh Citra Destinasi Dan Pengalaman Wisatawan Terhadap Novelty Seeking, Kepuasan, Kepercayaan Dan Niat Berperilaku (Studi Pada Wisatawan Desa Wisata Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016)
Main Author: | Pujiastuti, Eny Endah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/9174/ |
Daftar Isi:
- Persaingan pariwisata di pasar global saat ini menjadi semakin ketat dan kompetetif sehingga bisnis pariwisata memberikan produk dan layanan yang cenderung mirip dan berkualitas. Hal ini membuat wisatawan mempunyai banyak alternatif pilihan destinasi sehingga berdampak pada jumlah wisatawan akan mengalami penurunan maupun wisatawan yang tidak kembali berkunjung ke destinasi yang sama. Menghadapi pasar pariwisata seperti itu, niat berperilaku di masa yang akan datang dipandang sebagai sebuah isu manajerial penting dan berimplikasi pada semakin pentingnya penelitian mengenai niat berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Citra Destinasi dan Pengalaman Wisatawan terhadap Novelty Seeking, Kepuasan dan Kepercayaan dan Niat Berperilaku. Unit analisis nya adalah individu, pengunjung desa wisata. Lokasi penelitian berada di desa wisata Pentingsari dan Desa Wisata Pulesari. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling non random, yaitu accidental sampling. Jumlah sampel sebanyak 155 responden. Kuesioner merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data primer. Statistik deskriptif dan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Temuan penelitian ini adalah : (1). citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap novelty seeking; (2). citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan; (3). citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan; (4). pengalaman wisatawan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan; (5). pengalaman wisatawan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan; (6). kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan; (7). novelty seeking berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku; (8). kepuasan berpengaruh tidak signifikan terhadap niat berperilaku; (9). kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku; (10). citra destinasi berpengaruh tidak signifikan terhadap niat berperilaku; (11). pengalaman wisatawan berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku. Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan niat berperilaku wisatawan dimasa yang akan datang, Manajemen Desa Wisata harus meningkatkan experience marketing khususnya experience management sebagai salah satu strategi unggulan. Selain itu, manajemen desa wisata menjadikan kepercayaan sebagai salah satu alternatif strategi untuk meningkatkan niat berperilaku karena efektivitasnya sudah terbukti dapat meningkatkan ikatan emosional antara wisatawan dengan desa wisata dan dapat mengurangi ketidakpastian saat menikmati kegiatan di desa wisata. Kata Kunci : experience marketing, citra destinasi, pengalaman wisatawan, novelty seeking, kepuasan, kepercayaan, niat berperilaku.