Analisis Strategi Bersaing dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Ikan Kaleng Asahi
Main Author: | Ariszabeth, Dini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/9130/ |
Daftar Isi:
- CV. Pasific Harvest merupakan perusahaan yang merancang dan memproduksi produk sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan konsumen berfokus pada pembuatan produk olahan laut. Produk utama yang dimiliki oleh CV Pasific Harvest adalah sarden ikan kaleng Asahi. Hambatan yang terjadi diperusahaan adalah penjualan dari sarden Asahi tidak bisa mendapat pangsa pasar seluas seperti produk kompetitor yang diproduksi oleh perusahaan CV. Pasific Harvest. Penelitian ini terfokus pada penjualan sarden ikan kaleng Asahi agar dapat bersaing dengan produk kompetitor yang diproduksinya Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data kuesioner konsumen dan data kuesioner pegawai secara random kepada 30 responden. Selanjutnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui posisi perusahaan sarden ikan kaleng Asahi, perlu menghitung faktor internal dan faktor ekstrenal menggunakan matriks IE (Internal Eksternal). Sebelum perhitungan IE, dilakukan perhitungan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan perhitungan IFE (Internal Factor Evaluation). Hasil perhitungan matriks tersebut sebesar 3,2. Sedangkan Matriks IFE (Internal Factor Evaluation).Hasil perhitungan matriks IFE sebesar 2,9. Berdasarkan hasil perhitungan IFE dan EFE didapatkan hasil matriks IE pada kuadaran II yang berarti posisi perusahaan berkembang dan tumbuh. Langkah selanjutnya dilakukan pencocokan menggunakan matriks SWOT, dengan mengembangkan empat tipe strategis yaitu SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Threats), WO (Weakness- Opportunity), WT (Weakness-Threats). Pemilihan strategi yang tepat menggunakan QSPM (quantitative strategic planning matrix) input dari strategi ini adalah matriks SWOT. Hasil dari QSPM sebesar 6.04 yaitu pada strategi SO dan WO sebesar 4,65. Penelitian ini menciptkan 4 strategi yang diimplementasikan. Dengan melihat kondisi perusahaan yaitu sarden Asahi mempunyai kedudukan sebagai market challenger, pasar saat tidak jenuh dengan produk sarden, konsumen meningkat dengan signifikan pada saat bulan tertentu, ada pasar yang belum tersentuh, kapasitas terpenuhi, dan adanya kompetitor yang lebih baik.