Pengaruh Country Of Origin Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei online pada Pengguna Smartphone Samsung di daerah Jakarta)
Main Author: | Fadhiilah, Faris Nuur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/9090/ |
Daftar Isi:
- Pasar global yang jauh lebih rumit daripada pasar domestik memerlukan tambahan strategi yang lebih kompleks agar perusahaan tersebut dapat diterima dan berhasil di pasar. Saat ini organisasi modern sangat bergantung pada pemasaran, oleh karena itu strategi pemasaran yang efektif dapat sangat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka. Perusahaan global seringkali memanfaatkan persepsi konsumen di pasar global terhadap kekuatan ‘negara asal’ atau yang lebih dikenal dengan istilah Country of Origin (COO) untuk memperkuat citra merek. Diharapkan pengaruh country of origin yang baik dapat membentuk citra merek dalam benak mereka dan akan mendorong proses keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh Country of Origin Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Jakarta. Tipe penelitian ini adalah eksplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survei melalui pembagian kuisioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang melakukan keputusan pembelian terhadap smartphone merek Samsung, berumur 17 tahun keatas, dan berdomisili di kota Jakarta. Penelitian ini mengunakan teknik penarikan sampel purposive sampling, dengan total sampel 116 orang responden. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji statistik analisis jalur. Uji hipotesis membuktikan bahwa variabel Country of Origin terbukti berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Citra Merek dengan nilai t hitung sebesar 3,020 dengan angka probabilitas yang dinyatakan sebesar 0,003. Hasil indirect effect adalah sebesar 0,183 dan angka tersebut menunjukkan bahwa variabel Citra Merek berperan dalam hubungan antar variabel Country of Origin dan Keputusan Pembelian. Penelitian ini kemudian memberikan saran kepada Perusahaan Samsung untuk menaikkan value yang ada pada smartphone merek Samsung dengan fokus pada membangun reputasi perusahaan yang baik, membangun sebuah brand yang sangat terkenal dan memperhatikan persebaran gerai-gerai resmi yang ada. Karena dalam penelitian ini, konsumen memikirkan antara lain ketiga hal tersebut ketika memutuskan membeli suatu produk dalam hal ini adalah smartphone.