Penerapan E-Commerce Pada UKM Tempe Londho Malang Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UKM

Main Author: Poerwadi, Jauhari Permana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/9058/
Daftar Isi:
  • Salah satu UKM yang sedang berkembang di Malang adalah UKM Tempe Londho. UKM ini berdiri pada tahun 2006 di daerah Sukun Malang. Sistem pemasaran yang terdapat pada UKM Tempe Londho masih memakai sistem manual yaitu dari mulut ke mulut sehingga cakupan pemasaran masih terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak UKM dalam memasarkan produknya lebih luas dengan membuat sebuah sistem database guna mempermudah pihak UKM dalam merekap data penjualan produk mereka. Penelitian ini dimulai dengan membuat sebuah perancangan dasar website E-Commerce yang meliputi perspektif website, performa sistem e-commerce, karakteristik dari user, batasan sistem, dan analisa kelemahan sistem terdahulu pada UKM dengan pandangan PIECES. Setelah membuat perancangan dasar, langkah selanjutnya adalah menganalisis kebutuhan sistem fungsional dan non fungsional. Pembuatan program ini dilakukan dengan bantuan software wordpress. Pengujian sistem dibagi menjadi tiga uji yaitu uji verifikasi, validasi dan prototipe. Dalam website tempe londho yang telah dirancang, terdapat sistem database berupa rekapan data hasil penjualan produk. Uji verifikasi dilakukan oleh peneliti dan pihak UKM dengan mencoba membeli produk secara langsung ke website serta memeriksa coding pada website. Pada uji validasi telah sesuai dengan harapan pihak UKM yang terdapat di dalam system Requirement Checklist (SRC). Dan untuk uji prototipe sudah dilakukan perbandingan antara sistem terdahulu dengan sistem yang baru dibuat. Dari hasil perbandingan sistem tersebut didapatkan poin penting yaitu pemasaran UKM dapat dilakukan secara online dan sudah tersedia sistem database untuk UKM dalam merekap data penjualan produk mereka.