Pengaruh Tekanan Kompresor pada Proses Sandblasting dan Temperatur Preheating Terhadap Laju Korosi Hasil Pengecatan Baja Karbon Rendah
Main Author: | Cerullo, Daniel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/9032/ |
Daftar Isi:
- Korosi merupakan gejala kerusakan pada sifat maupun tampilan material khususnya logam yang diakibatkan oleh interaksi dengan lingkungannya. Untuk menghambat terjadinya korosi dilakukan pelapisan cat pada permukaan material. Sementara sebelum dilapisi cat, material dikenakan pengerjaan sandblasting dan dipanaskan dengan temperatur preheating untuk mendapatkan permukaan yang bersih dari kotoran dan mempersiapkan permukaan dengan kekasaran tertentu sehingga cat dapat melekat dengan baik pada permukaan material. Material yang digunakan yaitu baja karbon rendah dengan kadar unsur meliputi: 0.158%C, 93.55%Fe, 0.2847%Mn, 0.0354%Cr, 0.0088%Co. Variasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu sandblasting dengan tekanan kompresor: 5 bar, 6 bar, 7 bar menggunakan pasir silika dengan ukuran mesh 16-30; dan temperatur preheating: 150°C, 200°C, 250°C. Dari hasil penelitian didapatkan nilai laju korosi semakin rendah seiring penambahan tekanan kompresor sandblasting yang dikenakan. Pengaplikasian temperatur preheating juga akan mempengaruhi nilai laju korosi yang terjadi, dimana semakin tinggi temperatur preheating akan menyebabkan nilai laju korosi semakin rendah. Nilai laju korosi terkecil terjadi pada tekanan 7 bar dan temperatur 250°C dengan nilai 0.05899 mm/yr. Sedangkan laju korosi terbesar terjadi pada tekanan 5 bar dan temperatur 150°C sebesar 0.257354 mm/yr.