Pengaruh Atmosfer Toko Terhadap Nilai Belanja Hedonis Dan Pembelian Tidak Terencana (Survei pada Konsumen Loka Supermarket Malang City Point Malang)

Main Author: Yudhistira, Rivaldi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/9023/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan pengaruh Atmosfer Toko terhadap Nilai Belanja Hedonis; 2) Menjelaskan pengaruh Atmosfer Toko terhadap Pembelian tidak Terencana; 3) Menjelaskan pengaruh Nilai Belanja Hedonis terhadap Pembelian tidak Terencan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Atmosfer Toko, Nilai Belanja Hedonis dan Pembelian tidak Terencana. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada konsumen Loka Supermarket Malang City Point dengan kriteria berusia minimal 18 tahun dan berkunjung serta melakukan pembelian di Loka Supermarket Malang City Point minimal satu kali dalam satu bulan terakhir dengan tujuan mengetahui atmosfer toko di Loka Supermarket Malang City Point. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 115 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Atmosfer Toko berpengaruh signifikan terhadap Nilai Belanja Hedonis. Kemudian, variabel Atmosfer Toko bepengaruh signifikan terhadap Pembelian tidak Terencan. Selanjutnya, variabel Nilai Belanja Hedonis berpengaruh signifikan terhadap variabel Pembelian tidak Terencana. Hasil penelitian ini juga menunjukan Atmosfer Toko berpengaruh secara tidak langsung terhadap Pembelian tidak Terencana melalui Nilai Belanja Hedonis.