Perancangan dan Simulasi Penerapan Pengendali PID Pada Sistem Kendali Tegangan Keluaran Generator Pesawat N219 Di PT. Dirgantara Indonesia

Main Author: Hakim, Azizul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/9009/
Daftar Isi:
  • Generator DC merupakan komponen penting dalam sistem tenaga listrik pada pesawat terutama pesawat N219. Sebelum komponen dipasangkan ke badan pesawat terlebih dahulu komponen diuji kestabilannya termasuk generator pada pesawat N219 yang dilakukan pengujian laboratorium sistem elektrik di PT. Dirgantara Indonesia. Generator DC memiliki error steady state 3,5174%, maximum overshoot 12,5% dan settling time 5 detik. Pengontrolan dengan struktur PID dilakukan agar tegangan output generator DC memiliki error steady state kurang dari 3,5174%, settling time kurang dari 5 detik dan overshoot kurang dari 12,5%. Penalaan struktur PID dilakukan oleh metode Penalaan Kontroler menggunakan penala PID – pidTuner. Untuk menentukan jenis kontroler dan konstanta penguatan pada fungsi alih C(s) dapat diperoleh secara cepat, mudah dan akurat. Hal ini bertujuan agar sistem lebih tahan terhadap perubahan gangguan. Dan membuat respon sistem agar menyerupai perilaku respon model referensi.