Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Model Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Dengan Inovasi Sebagai Mediasi (Studi Pada Usaha Kecil Tanaman Hias Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur)
Main Author: | Andika, Endrik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8990/ |
Daftar Isi:
- Orientasi terhadap pasar dapat membentuk inovasi yang sesuai dengan konsep pemasaran, (Kotler. 2009) menyatakan bahwa konsep pemasaran menfokuskan landasan dasar dalam membuat sebuah usaha adalah melalui pemenuhan terhadap kebutuhan pelanggan dengan inovasi-inovasi yang mampu menjawab kebutuhan pasar bukan kebutuhan pelaku usaha itu sendiri. Kewirausahaan bermakna sebagai proses pengembangan dari sikap kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju kesuksesan (Hubeis, 2009).peran orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan pada usaha kecil diharapkan mampu meningkatkan daya saing yang berguna untuk meningkatkan kinerja usaha kecil. Hipotesis penelitian yaitu, H1:Terdapat Hubungan Orientasi Pasar yang berpengaruh terhadap Inovasi. H2: Terdapat Hubungan Orientasi Kewirausahaan terhadap Inovasi. H3: terdapat hubungan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha. H4: Terdapat hubungan Orientasi Kewirausahaan terhadap Inovasi. H5: Terdapat hubungan Inovasi yang berpengaruh terhadap Kinerja Usaha. H6: Terdapat hubungan Orientasi Pasar yang Dimediasi Inovasi terhadap Kinerja Usaha. H7: Terdapat hubungan Orientasi Kewirausahaan yang Dimediasi Inovasi terhadap Kinerja Usaha. H8: Terdapat hubungan Peranan Pemerintah terhadap Kinerja usaha. Populasi penelitian Usaha Kecil Tanaman Hias Desa Sidomulyo Kota Batu, dan sampel sebanyak 79 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode sampel random sederhana yang proporsional. Teknik analisis menggunakan AHP (Analisis Hierarki Proses) dengan Software PLS Smart 3.0. Kesimpulan penelitian ini, pada model penelitian sebagai tahapan analisis yang dilakukan dengan variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi, dan kinerja usaha serta peran pemerintah menghasilkan temuan bahwa semua hipotesis yang diajukan dinyatakan signifikan kecuali pada hipotesis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha yang tidak berpengaruh signifikan. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan usaha kecil untuk bersama-sama dalam peningkatan ekonomi melalui sektor usaha kecil.