Upaya Pemasaran Pariwisata Kabupaten Ponorogo Melalui City Branding Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus pada City Branding Kabupaten Ponorogo dengan Tagline “Ethnic Art of Java”)

Main Author: Astuti, Widiana Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8989/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta bahwa Kabupaten Ponorogo sebagai daerah yang khas dengan budaya lokalnya mulai menerapkan strategi city branding sejak tahun 2015 dengan mengangkat sisi budaya khususnya kesenian sebagai brand. Pnelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) proses city branding, (2)penerapan city branding hexagon, (3) dampak penerapan city branding, dan (4)hambatan penerapan city branding. Jeni Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Kabupaten Ponorogo dan situs penelitian di Dinas Pariwisatata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (DISPAPORA) Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuisioner kualitatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data penelitian data penelitian ini menggunakan qualitative content analysis. Hasil penelitian ini adalah Upaya city branding Ponorogo ini melalui proses perencanaan diantaranya penetapan tujuan, kajian terkait potensi Ponorogo yang kemudian menghasilkan logo dan tagline “Ethnic Art of Java”, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan destinasi wisata. Komponen yang paling dominan dalam city branding hexagon Kabupaten Ponorogo adalah people dan yang terendah adalah prerequisite. City Branding Ponorogo berdampak terhadap kualitas pariwisata dan kuantitas kunjungan wisatawan namun dalam pelaksanaannya masih menemui beberapa kendala dari dalam dan luar organisasi. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya DISPAPORA melakukan evaluasi dan mengkaji ulang strategi city branding Ponorogo dengan melibatkan pihak-pihak potensial seperti pemerintah, seniman, pemuda, dan khususnya akademisi.