Implementasi Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak No. 12 Tahun 2011 Tentang Indikator Kota Layak Anak Bidang Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Batu)
Main Author: | Muhtadi, Zul’iz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8976/ |
Daftar Isi:
- Administrasi Publik yang secara umum dipersepsikan sebagai “the work ofgovernment”, memiliki peran atau pengaruh yang sangat vital dalam suatu Negara.Administrasi publik merupakan bagian dari proses dan kegiatan implementasikebijakan ataupun program terkait realisasi pemenuhan kebutuhan publik ataupenyelesaian urusan-urusan publik. Kebijakan publik sendiri secara umum diartikansebagai suatu pernyataan mengenai tujuan umum atau keadaan tertentu yangdikehendaki. Istilah kebijakan ini dipakai untuk menunjukkan adanya pernyataanpernyataankehendak pemerintah mengenai tujuan-tujuan umum dari kegiatankegiatanyang diberlakukan dalam suatu bidang tertentu, atau mengenai keadaanumum yang diharapkan dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu.Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2011mengeluarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan AnakNo.12 Tahun 2011 tentang Indikator Kota Layak Anak. Dalam Peraturan Menteritersebut menjelaskan betapa pentingnya suatu daerah untuk menerapkan ProgramKota Layak Anak yang berdasarkan Indikator Kota Layak Anak yang dikeluarkanoleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kota Batu adalahsalah satu daerah yang menerapkan Peraturan Menteri Negara PemberdayaanPerempuan dan Perlindungan Anak No.12 Tahun 2011 Tentang Indikator Kota LayakAnak. Dinas Pendidikan Kota Batu sebagai organisasi public yang terkaitmelaksanakan program Kota Layak Anak dengan indikator yang berdasarkanPeraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No. 12Tahun 2011 tentang Indikator Kota Layak Anak. Oleh karena itu, penelitian ini akanmembahas tentang implementasi dan proses pelaksanaan program kota layak anakoleh Dinas Pendidikan Kota Batu.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatankualtitatif. Situs penelitian adalah Dinas Pendidikan Kota Batu. Data primer diperolehdari hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumenyang berhubungan dengan tema penelitian. Teknik ppengumpulan data dengan carawawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisa data yang dilakukan mulaidari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian, program Kota Layak Anak dapat terwujuddengan adanya faktor pendorong yaitu karena letak geografis yang menguntungkandan dana yang mencukupi, namun kendala yang dihadapi yaitu kesadaran masyarakatdan sistem transportasi yang kurang memadai.