Using Small Group Discussion Technique To Improve Students’ Reading Achievement On Descriptive Text
Main Author: | Iklima, Maulidya Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8961/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pencapaian membaca siswa melalui Small Group Discussion di SDN Kotalama 5 Malang. Selama tahap persiapan penelitian, siswa menunjukkan bahwa mereka mempunyai kesulitan dalam kegiatan membaca mereka, khususnya dalam mencari maksud dan struktur paragraf dalam sebuah teks. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk mengatasi masalah siswa dengan menggunakan teknik small group discussion dalam pengajaran membaca yang diadaptasi dari Brewer (1997).Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui dua siklus, terdiri 3 pertemuan disetiap siklus untuk meningkatkan prestasi pada pemahaman membaca siswa di dalam teks deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas lima di SDN Kotalama 5 Malang, yang terdiri dari 20 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan catatan lapang, dan tes. Catatan lapang digunakan untuk menulis hal-hal yang terjadi selama proses belajar mengajar. Tes digunakan untuk mengukur peningkatan prestasi siswa terhadap teknik small group discussion yang digunakan untuk mengetahui nilai pemahaman membaca siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian pemahaman membaca siswa meningkat secara signifikan. Dari 40% siswa lulus standar skor pada pre-tes meningkat menjadi 65% siswa lulus standar skor di siklus pertama dan 100% siswa lulus standar skor dalam siklus kedua. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, teknik small group discussion adalah sebuah solusi yang direkomendasikan untuk mengajar pemahaman membaca siswa dan penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama.