Identifikasi Strategi dan Analisis Segmentasi Pasar Pada Radio Kencana Malang

Main Author: Leoma, Rhesa Andromeda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8950/1/Rhesa.pdf
http://repository.ub.ac.id/8950/
Daftar Isi:
  • PT Total Prima Sukses (Radio Kencana Malang) merupakan salah satu radio di Kota Malang dengan sasaran pendengar usia 20-40 tahun. Radio Kencana Malang berada pada frekuensi FM 91,9 dengan tagline “radio musik terpilih”. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, pendengar aktif dari Radio Kencana Malang semakin berkurang sehingga berpengaruh pada pendapatan. Pendengar aktif menjadi tolak ukur jumlah pendengar radio yang berpengaruh terhadap ketertarikan pemasang iklan dan harga dari iklan pada Radio Kencana Malang. Oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui karakteristik konsumen berdasarkan segmentasi pasar dan strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen Radio Kencana Malang. Pada penelitian ini dilakukan analisis segmentasi pasar mengunakan metode cluster. Segmentasi pasar terbagi menjadi 5 (lima) cluster berdasarkan waktu responden mendengarkan radio setiap harinya. Cluster A merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 06.00-10.00 WIB, cluster B merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 10.00-15.00 WIB, cluster C merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 15.00-19.00 WIB, cluster D merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 19.00- 24.00 WIB, cluster E merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 24.00-06.00 WIB. Selanjutnya dilakukan identifikasi strategi pemasaran yang tepat untuk Radio Kencana Malang berdasarkan kesenjangan antara penilaian responden terhadap kinerja Radio Kencana Malang dan harapan dari responden menggunakan analisis GAP. Penelitian menunjukkan bahwa setiap cluster pada segmentasi pasar mempunyai karakteristiknya masing-masing berdasarkan usia, pekerjaan, pendidikan dan karakteristik lainnya yang berhubungan dengan perilaku konsumen sehingga dapat diketahui kebutuhan konsumen berdasarkan segmentasi pasar. Berdasarkan analisis GAP, dapat diketahui 4 (empat) atribut yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan yaitu lagu yang disediakan kurang update, kualitas suara yang kurang baik, konsumen tidak selalu merasa terhibur ketika mendengarkan Radio Kencana Malang dan branding dari Radio Kencana Malang yang masih belum kuat. setelah itu dilakukan identifikasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan hasil dari analisis GAP