Analisis Pelaksanaan Promosi Perpustakaan Universitas Negeri Malang
Main Author: | Sari, Khusnul Laila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8939/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan perguruan tinggi sangatlah penting untuk dapat menunjangdan memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dan sarana penelitian. Mengingatpentingnya peran perpustakaan ini, diperlukan kegiatan promosi perpustakaanuntuk meningkatkan minat kunjung pengguna perpustakaan. Tujuan penelitian iniyaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisa pelaksanaan promosi yangdilakukan oleh Perpustakaan Universitas Negeri Malang dari segi media yangdigunakan, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam promosiperpustakaan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatankualitatif. Lokasi di Universitas Negeri Malang dengan situs PerpustakaanUniversitas Negeri Malang. Informan penelitian ini adalah pegawai dan penggunaPerpustakaan Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan denganobservasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakanMiles, Huberman, & Saldana (2014:14) dengan melakukan kondensasi data,penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat diketahui pelaksanaan kegiatanpromosi yang diterapkan dilihat dari media yang digunakan yaitu (1) publikasi,melalui media tercetak yang dapat berupa brosur, banner, pembatas buku; mediaelektronik website dan sosial media facebook dan twitter; media penyelenggarakegiatan berupa pameran, ceramah dan seminar, bazar, wisata perpustakaan danlayanan baru berupa Kafe Pustaka. (2) kontak perorangan, (3) penciptaan suasanaatau lingkungan kondusif (atmospheric). Pelaksanaan promosi yang dilakukanbelum dapat berjalan dengan maksimal dikarenakan keterbatasan jumlah SumberDaya Manusia dan minimnya anggaran dana. Selanjutnya dapat diketahui jugafaktor penghambat dari dalam perpustakaan yang meliputi terbatasnya jumlah dankualitas Sumber Daya Manusia, anggaran dana yang belum mencukupi kebutuhanperpustakaan. Hal ini yang dapat menghambat dalam peningkatan jumlahkunjungan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dari luar adalah faktorsosial berupa minat kunjung pengguna perpustakaan. Kemudian yang menjadifaktor pendukung adalah memadainya gedung perpustakaan yang membuatpengguna merasa nyaman serta adanya layanan pendukung berupa Kafe Pustakayang menjadi daya tarik tersendiri bagi perpustakaan Universitas Negeri Malang.