Model Prediksi Kecelakaan Pengguna Sepeda Di Kota Surabaya, Jawa Timur

Main Author: Apriastini, Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8888/
Daftar Isi:
  • Seiring maraknya pembangunan infrastruktur dan kawasan pemukiman penduduk berdampak pada perkembangan lalulintas. Meningkatnya jumlah volume lalu lintas berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kecelakaan. Berdasarkan data dari Polda Jawa Timur pada tahun 2014 yaitu 26 kecelakaan sepeda dan meningkat menjadi 36 kecelakaan sepeda pada tahun 2015, sedangkan tahun 2016 mengalami penurunan yaitu menjadi 24 kecelakaan sepeda. Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui karakteristik pengendara sepeda di Kota Surabaya. (2) Untuk mengetahui karakteristik geometrik jalan yang dilalui pengguna sepeda di Kota Surabaya. (3) Untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengguna sepeda di Kota Surabaya. (4) Membuat model kecelakaan pengguna sepeda berdasarkan fungsi jalan di Kota Surabaya. Metode Analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif frekuensi untuk mencari karakteristik pengguna sepeda yang terlibat kecelakaan serta karakteristik kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda. Generalized linier model digunakan untuk memodelkan prediksi kecelakaan sepeda yang dapat terjadi pada kondisi geometrik dan kondisi lalu lintas tertentu. Data primer terdiri dari Volume lalu lintas, kecepatan dan kondisi geometrik di lokasi studi. Data Sekunder diperoleh dari instansi terkait yakni dari Polda Jawa Timur, Bappeda Kota Surabaya, dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Berdasarkan data sekunder yang didapatkan terdapat 57 ruas jalan yang terjadi kecelakaan, akan tetapi dalam pelaksanaan penelitian hanya mengambil ruas jalan yang terjadi kecelakaan terbanyak yakni jalan Kenjeran, jalan Ahmad Yani, jalan Ngagel, jalan Kedung Cowek, jalan Raya Mastrip, jalan Ir. Haji Soekarno dan jalan Raya Darmo. Hasil analisis data kecelakaan menyatakan bahwa mayoritas pengguna sepeda yang terlibat kecelakaan di Kota Surabaya adalah laki-laki sebesar 69,9% dengan usia 15-20 tahun sebesar 14,6% dan memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta. Sedangkan karakteristik kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda di Kota Surabaya adalah terjadi rentang waktu 06.00-11.59 WIB sebanyak 37,6% dengan jenis kecelakaan ganda. Kemudian mayoritas cedera yang terjadi adalah luka ringan sebesar 38,2% dengan kerugian <Rp. 200.000 rupiah pada cuaca cerah. Model Prediksi Kecelakaan di Kota Surabaya McA= 1,061 Dimana: McA = jumlah kecelakaan, Arus = arus lalu lintas (smp/jam)