Efektifitas Pasal 131 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Berkaitan Dengan Adanya Pelican Crossing (Studi di Wilayah Hukum Dinas Perhubungan Kota Malang)

Main Author: Yuda, Karisma Dio Agatha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8758/
Daftar Isi:
  • Penulisan skripsi ini membahas mengenai efektivitas pasal 131 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan. Berdasarkan fakta yang didapat di lapangan, menunjukkan bahwa para pejalan kaki masih belum mendapat prioritas penuh di saat menyeberang jalan di fasilitas penyeberangan jalan. Hal ini tidak hanya dikarenakan sikap acuh para pengguna jalan yang lain dengan mengabaikan hak pejalan kaki yang hendak menyeberang, tetapi juga dikarenakan kelalaian para pejalan kaki itu sendiri. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini ialah bagaimana efektivitas pasal 131 ayat (2) undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan berkaitan dengan adanya Pelican Crossing, dan apa saja hambatan yang dihadapi Pemerintah Kota Malang serta solusi yang dilakukan dalam penegakan pasal 131 ayat (2) undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan berkaitan dengan adanya Pelican Crossing. Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pasal 131 ayat (1) dan ayat (2) undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan berkaitan dengan adanya Pelican Crossing dan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan mengidentifikasi apa saja hambatan yang dihadapi Pemerintah Kota Malang serta solusi yang dilakukan dalam penegakan pasal 131 ayat (1) dan ayat (2) undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan berkaitan dengan adanya Pelican Crossing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis.