Pengaruh Desain Visual Kemasan Produk “Frozen Edamame” Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Retail UD Sumber Madu, Kabupaten Jember)
Main Author: | Romadon, Mochamad Helmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8731/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan zaman menyebabkan persaingan makin ketat dalam berbagai bidang, termasuk juga penjualan suatu produk. Hal ini juga yang membuat para produsen harus pintar-pintar dalam menjual produk yang mereka produksi. Banyak cara dan strategi yang dilakukan para produsen, mulai dari memberikan promosi, pengiklanan, hingga membuat kemasan. Namun pada kondisi umumnya, kemasan kompleks yang memiliki didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan penjualan bisa dibilang tidak diterapkan dalam produk pertanian asli tanpa pengolahan atau dengan sedikit pengolahan yang tidak merubah bentuk asli produk. Hal yang berbeda terjadi pada kedelai edamame dalam produk Frozen Edamame. Di mana memiliki margin harga cukup tinggi dengan harga edamame lokal. Di pasar harga edamame per kilo hanya dihargai sekitar Rp 4.000 – Rp 6.000. Sedangkan produk Frozen Edamame sampai Rp 8.000 – Rp 15.000 per kemasan setengah kilo. Selain pengolahan minimalis yang sebenarnya dapat dilakukan sendiri konsumen di rumah, perbedaan terlihat jelas pada kemasannya saja, khususnya desain visual. Kondisi ini diharapkan dapat menjadi peluang bagi petani edamame untuk masuk dalam bisnis edamame berkemasan. Terlebih lagi, produk Frozen Edamame milik PT Mitra Tani Dua Tujuh Masih merajai pasar, khususnya di area Jember. Lebih dalam, penelitian ini berfokus untuk menganalisis seberapa besar pengaruh desain visual kemasan dalam keputusan pembelian memiliki keterkaitan dalam penjualan. Memilih 3 tujuan yaitu (1) Menganalisis pengaruh Tata letak, Tipografi, Ilustrasi, Simbolisme, dan Warna secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Frozen Edamame, (2) Menganalisis pengaruh dari variabel secara parsial terhadap keputusan pembelian produk edamame, dan (3) Menganalisis variabael manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kondisi riil penjualan produk Frozen Edamame di lapangan serta kondisi pasar, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh desain visual kemasan produk Frozen Edamame terhadap keputusan pembelian, serta variabel yang memiliki pengaruh paling besar dengan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini mendapatkan hasil seluruh variabel bebas desain visual kemasan yang diteliti memiliki pengaruh secara simultaan maupun parsial terhadap keputusan pembelan produk Frozen Edamame. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah variabel Ilustrasi, yang menunjukkan gambaran luar produk Frozen Edamame.