Menentukan Pemilihan Merk Mobil Terbaik Dengan Menggunakan Metode Cut Off Point Dan Entropy-Topsis (Studi Kasus: Jolo Abadi Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Main Author: Choirul, Hafidz Agatha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/873/1/Hafidz%20Agatha%C2%A0Choirul.pdf
http://repository.ub.ac.id/873/
Daftar Isi:
  • Pemilihan merk mobil sangat dibutuhkan bagi konsumen, guna memilih merk mobil yang tepat. Terdapat 11 kriteria yang sudah ditentukan dapat menentukan pemilihan merk mobil yaitu harga mobil, model mobil, kapasitas mesin, konsumsi bahan bakar, fitur keselamatan, fitur kenyamanan, fitur hiburan, biaya perawatan, besar bagasi, purna jual, dan pilihan warna. Pemilihan merk mobil ini, menggunakan metode Cut Off Point untuk menentukan tingkat kepentingan kriteria, dan menggunakan penggabungan metode Entropy-TOPSIS untuk menghitung bobot kriteria dan pengambilan keputusan yang terpilih. Dari metode tersebut, dilakukan pembagian kuesioner kepada 30 responden yang akan membeli mobil di Jolo Abadi menunujukkan bahwa Honda New Mobillio adalah pilihan merk mobil yang ideal bagi konsumen dengan nilai preferensi 0,767. Merk mobil yang tidak disarankan untuk diplih adalah Nissan All New Grand Livina dan Suzuki All New Ertiga, karena menempati rangking terbawah dari 5 merk mobil yaitu Toyota Grand New Avanza, Daihatsu Great New Xenia, Suzuki All New Ertiga, Honda New Mobillio, dan Nissan All New Grand Livina.