Peran Perceived Electronic Word Of Mouth Terhadap Intensi Pembelian Online Yang Di Moderatori Kepribadian Ekstraversion
Main Author: | Pratama, Oky Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8722/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived electronic word of mouth terhadap intensi pembelian online yang di moderatori kepribadian ektraversion. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Penelitian ini melibatkan 313 subjek berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dengan usia 20 s.d 25 tahun dan pernah membaca review komentar atau ulasan mengenai produk atau jasa secara online baik yang berniat akan membeli atau calon membeli. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perceived electronic word of mouth dengan dimensi dari Abdallah Q. Bataineh (2015), skala intensi milik Ajzen (2011) dan skala Big Five Inventory (BFI) yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Ramdhani (2012). Analisis data menggunakan teknik simple moderation milik Hayes (2016). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran perceived electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian online dengan nilai signifikansi (p < 0,05). Pada interaksi antara peran perceived electronic word of mouth terhadap intensi pembelian yang di moderatori kepribadian ektraversion menunjukkan bahwa kepribadian ekstraversion dapat menjadi variabel moderator dengan nilai signifikansi (0,00 < 0,05).