Perbedaan Kepuasan Penggunaan Fitur Stories pada Media Sosial Instagram dan Snapchat di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya
Main Author: | Rizki, Muhammad Afif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8716/ |
Daftar Isi:
- Instagram Stories merupakan fitur terbaru dari media sosial Instagram. Fitur serupa dimiliki media sosial Snapchat, yaitu Snapchat Stories yang sudah lebih dahulu muncul sebelum fitur baru Instagram tersebut. Pengguna Instagram Stories sampai Agustus 2017 mengalami kenaikan jumlah hingga 250 juta pengguna., sedangkan Snapchat hanya memiliki 166 juta pengguna. Semenjak kemunculan Instagram Stories, Snapchat mengalami penurunan saham. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan serta perbandingan kepuasan antara fitur Instagram Stories dan Snapchat Stories. Perbandingan tersebut dianalisis menggunakan teori Uses and Gratification 2.0 dari jurnal milik Sundar dan Limperos (2013) dan mengukur kepuasan menggunakan Gratification Sought dan Gratification Obtained. Adapun jenis penelitian ini merupakan kuantitatif komparatif. Metode survei digunakan untuk mendapatkan data dengan sampel mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan Instagram dan Snapchat (n=272). Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan paired t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya merasa interaksi terhadap fitur Instagram Stories merupakan hal yang paling memuaskan ketika menggunakan fitur tersebut. Sedangkan untuk presentasi visual yang diberikan fitur ini dirasa kurang dapat memuaskan. Kemudian ketika menggunakan fitur Snapchat Stories, mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya merasa bahwa fitur ini paling memuaskan pada kesenangan dalam menjelajahi informasi, dan paling tidak memuaskan ketika pengguna menjadi peyampai pesan. Perbandingan kepuasan menunjukan bahwa Instagram Stories lebih memuaskan dibanding Snapchat Stories.