Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah Di Kota Batu (Studi Pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu)

Main Author: Puspitasari, Anjar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8697/
Daftar Isi:
  • Penerimaan realisasi Pajak Reklame di Kota Batu pada tahun 2014 sampai dengan 2016 masih mengalami naik turun dibandingkan dengan penerimaan Pajak Daerah Kota Batu lainnya yang selalu mengalami peningkatan. Jumlah wajib pajak reklame untuk tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 pada kenyataannya mengalami peningkatan, sedangkan dari sisi penetapan target Pajak Reklame pada tahun 2014 dan tahun 2015 di Kota Batu tidak mengalami perubahan. Dari jumlah wajib pajak yang meningkat dapat ketahui bahwasanya Pajak Reklame berpotensi terhadap pendapatan Pajak Daerah, dan target Pajak Reklame setiap tahun seharusnya mengalami perubahan guna menghindari penetapan target yang tidak sesuai dengan kondisi dilapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis berapa besar potensi Pajak Reklame untuk tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 dalam meningkatkan pendapatan Pajak Daerah di Kota Batu. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan mengfokuskan penelitian kepada target dan realisasi Pajak Reklame serta menghitung potensi Pajak Reklame di Kota Batu pada tahun 2014 sampai dengan 2016, dengan menggunakan rumus analisis potensi Pajak Reklame sebagai dasar untuk menghitung besarnya potensi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui, bahwa realisasi Pajak Reklame yang mengalami naik turun disebabkan oleh ketidaksadaran wajib pajak dalam membayar Pajak Reklamenya, dari sisi target pada tahun 2014 dan tahun 2015 pun kurang efektif, karena target tersebut seharusnya mengalami peningkatan khususnya pada tahun 2015, sedangkan dari sisi potensi Pajak Reklame untuk tahun 2014 sampai dengan 2016, hasilnya lebih besar dibandingkan penerimaan realisasi yang diterima oleh Badan Keuangan Daerah Kota Batu. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian adalah perlu diberlakukannya sanksi administrasi, sosialisasi bagi wajib pajak, perlu lebih bijak bagi aparatur yang menetapkan target Pajak Reklame serta perlu lebih sering melakukan terjun lapangan guna mengetahui potensi Pajak Reklame yang ada.