Analisis Isi Konten Youtube Band “Endank Soekamti” Dalam Bauran Komunikasi Pemasaran
Main Author: | Wahyadyatmika, Sambadha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8686/ |
Daftar Isi:
- Promosi yang dilakukan dalam industri musik telah mengalami pergeseran, dimana banyak pelaku industri musik yang beralih dari promosi melalui media cetak dan elektronik beralih ke promosi melalui internet yang salah satunya adalah YouTube. Band Endank Soekamti dalam menarik perhatian dan memasyarakatkan produknya terutama pada bagaimana mereka menggunakan media Youtube sebagai kelompok musik dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan bauran komunikasi pemasaran dalam konten youtube Endank Soekamti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian yang dilakukan setelah dilakukan pengkodingan data , maka dapat disimpulkan bahwa dalam konten YouTube band Endank Soekamti ini diambil 4 kategorisasi berkaitan dengan unsur-unsur marketing komunikasi di antaranya adalah : 1) Kategorisasi Periklanan, terdapat 26 kali atau 15,76 % dengan rincian promosi album muncul sebanyak 18 kali, promosi Merchandise muncul sebanyak 8 kali . 2) Kategorisasi Personal Selling, ini terdapat 46 kali atau 27,88 % dengan rincian Behind the Stage muncul sebanyak 13 kali, Team work muncul sebanyak 14 kali, Proses kreatif muncul sebanyak 19 kali. 3) Kategorisasi promosi penjualan, ini terdapat 36 kali atau 21,82 % dengan rincian ajakan membeli album Endank Soekamti sebanyak 19 kali, ajakan mengikuti project muncul sebanyak 7 kali, ajakan Partisipasi DOES University muncul sebanyak 10 kali. 4) Kategorisasi hubungan masyarakat, terdapat 57 kali atau 34,54 % dari total keseluruhan unsur-unsur marketing komunikasi yang muncul dengan rincian penyelesaian masalah/klarifikasi muncul sebanyak 13 kali , Community Service muncul sebanyak 23 kali, Edukasi dan Intelektualitas muncul sebanyak 21 kali. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan persentase kemunculan dari unsur bauran komunikasi pemasaran dalam konten youtube Endank Soekamti yaitu kategorisasi hubungan masyarakat dengan indikator Community Service yang mempunyai frekuensi kemunculan lebih banyak dari pada indikator lainnya, hal tersebut menunjukkan jika dalam konten YouTube band Endank Soekamti mengandung banyak sekali unsur yang mengacu kepada bagaimana kedekatan Endank Soekamti dengan penggemarnya dan bagaimana Endank Soekamti memperlakukan penggemarnya dengan baik atau bisa disebut dengan community service.