Analisa Deformasi Dan Tegangan Carbon Fiber Composite Pada Chassis Vehicle-Car Menggunakan Software Berbasis Elemen Hingga

Main Author: Nashdian, Firmansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/867/1/FIRMANSYAH%20NASHDIAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/867/
Daftar Isi:
  • Chassis merupakan bagian fundamental dari sebuah kendaraan. Chassis berfungsi sebagai penopang berat kendaraan, mesin, penumpang. Chassis juga menjaga mobil tetap rigid, kaku dan mengurangi bending. Umumnya Chassis menggunakan bahan logam seperti alumunium dan non logam seperti komposit. Penelitian dengan menggunakan carbon fiber composite pada chassis bertujuan untuk memberikan performa kendaraan lebih baik, kuat dan ringan dibandingkan dengan material lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi komputer menggunakan software Ansys 14.5 academic. Sebanyak 6 pemodelan dilakukan untuk memperoleh desain chassis yang maksimal. Variasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sudut orientasi woven laminate carbon fiber dan tebal chassis dengan sudut orientasi 00,900 dan 450,-450 dan tebal chassis 1 : 1,2 : dan 1,4 mm. Jumlah layer laminate carbon fiber adalah 2 layer. Pemodelan material yang digunakan adalah orthotropic. Pengujian yang dibuat menggunakan model pengujian statik dengan pembebanan torsional, vertical bending, horizontal bending dan lateral bending. Berat driver 50 kg dan berat engine 30 kg. Dari hasil penelitian diperoleh deformasi total dan tegangan maksimum pada model ke-1 hingga ke-6. Deformasi total paling rendah pada model ke-5 dengan deformasi total torsional 108,27 mm, vertical bending 0,22791 mm, horizontal bending 0,20675 mm, dan lateral bending 0,79909 mm. Tegangan maksimum paling rendah pada model ke-6 dengan tegangan maksimum torsional 79,721 MPa, vertical bending 2,3589 MPa, horizontal bending 2,074 MPa dan lateral bending 18,058 MPa.