Retorika dalam Komunikasi Dakwah (Studi pada Retorika Dakwah Ustaz Abdullah Sam)
Main Author: | Meryati, Letty Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8639/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengenai retorika yang digunakan Ustaz Abdullah Sam dalam komunikasi dakwah. Retorika yang dilakukan bukan hanya sebatas etos, patos dan logos saja. Tetapi penelitian merujuk pada peran sebuah ruang dan strategi yang digunakan oleh Ustaz Abdullah Sam dalam berdakwah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan retorika dalam komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Ustaz Abdullah Sam. Penelitian ini menggunakan tradisi retorika Robert T. Craig. Tradisi retorika digunakan untuk mengetahui seni berbicara, bertindak, berperilaku dan memilih simbol untuk disampaikan kepada orang lain. Tradisi retorika menekankan pada metode, komunikator, penonton, strategi, logika dan emosi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif dengan metode studi kasus. Jenis studi kasus yang akan digunakan adalah studi kasus intrinsik. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan studi kasus Robert K. Yin Berdasarkan temuan-temuan di lapangan terdapat beberapa pokok. Pertama, retorika dapat digunakan di dalam komunikasi dakwah. Kedua, strategi yang digunakan harus berdasarkan dari latar belakang audience. Ketiga, bukan hanya daya tarik logis dan emosi tetapi juga ruang yang digunakan. Keempat, retorika dalam komunikasi dakwah digunakan sebagai pemberdayaan masyarakat pinggiran sesuai dengan nilai-nilai Islam