Strategi Pengembangan Wisata Eco Green Park Berbasis Persepsi Konsumen Di Kota Batu
Main Author: | Putranto, Edwin Yudha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8635/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan kondisi eksternal wisata Eco Green Park melalui persepsi konsumen guna memperoleh rumusan strategi pengembangan yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dalam persaingan bisnis di bidang wisata yang semakin ketat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisa data menggunakan metode kualitatif yang prosedur analisa data penelitiannya menghasilkan data deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang yang dapat diamati dengan tujuan untuk memperoleh data yang lebih akurat. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, kuesioner kepada konsumen, serta dokumentasi. Dasar perumusan strategi menggunakan analisis SWOT. Analisis ini mengidentifikasi variabel untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang dihadapi pemasaran produk di wisata Eco Green Park, setelah itu memberikan bobot dan rating menggunakan matriks IFE dan matriks EFE. Hasil dari kedua matriks tersebut sebagai bahan pencocokan dalam matriks SWOT. Berdasar tahapan tersebut diperoleh hasil yang menunjukkan perusahaan berada di atas rata-rata. Pengembangan wisata Eco Green Park dinyatakan kuat dimana usaha pengembangan wisata Eco Green Park mampu memanfaatkan kekuatan-kekuatan usahanya dan mengatasi kelemahan usahanya. Wisata Eco Green Park dalam usahanya untuk menjalankan strategi memanfaatkan peluang eksternal dan menghindari ancaman dengan baik.