Pengaruh Kredibilitas Endorser Selebgram @awkarin Melalui Proses Keputusan Pembelian Produk Oleh Konsumen

Main Author: Anjani, Rany Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8605/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena pengaruh kredibilitas sumber selebgram sebagai pemberi pesan endorsement terhadap proses pengambilan keputusan pembelian produk oleh konsumen. Khususnya difokuskan pada selebgram @awkarin dalam proses penerimaan pesan endorsement oleh pengikutnya pada media sosial Instagram. Berdasarkan tujuan tersebut maka variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini ialah dimensi kredibilitas sumber. Dengan menggunakan skala pengukuran yang telah disusun oleh Ohanian (1990) yang terdiri dari attractiveness, trustworthiness, dan expertise. Sedangkan variabel terikatnya merupakan proses dimensi keputusan pembelian. Dengan menggunakan proses keputusan pembelian yang disusun oleh Kotler (2008) yang terdiri dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif dan keputusan membeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik analisis yang digunanakan ialah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis baik secara simultan maupun parsial diterima. Dengan kata lain, dimensi kredibilitas sumber selebgram @awkarin terbukti berpengaruh pada proses pengambilan keputusan beli produk oleh konsumen. Namun, dalam pengujian secara parsial variabel trustworthiness memiliki pengaruh yang paling dominan diantara variabel lainnya.