Analisis Penerapan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Barat)
Main Author: | Fadillah, Ivan Mochammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8553/ |
Daftar Isi:
- Tahun ke tahun Direktorat Jendral Pajak (DJP) terbilang sering melakukan reformasi perpajakan. Reformasi Perpajkan yang dilakukan salah satunya adalah dengan perbaikan sistem informasi dalam administrasi perpajakan dengan menggunakan sistem teknologi informasi. Sistem teknologi informasi yang terdapat di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP). Sistem teknologi informasi mengalami perkembangan dikarenakan adanya reformasi perpajakan melalui sistem admnistrasi perpajakan (SAP). Sistem administrasi perpajakan dapat diterapkan melalui kemajuan teknologi terbaru sistem administrasi perpajakan yaitu melalui pengembangan aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) untuk menggantikan aplikasi sebelumnya yang diharapkan mempermudah pekerjaan pegawai pajak sehingga memberikan dampak positif terhadap kinerja pegawai pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Barat, serta bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Barat dalam menerapkan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptf. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa data hasil wawancara dan data sekunder berupa data pegawai di Kantor Pelayanan Pajak berdasarkan usia dan pendidikan terakhir. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan SIDJP di KPP Pratama Bekasi Barat telah sesuai dengan teori EUCS dimana telah mencakup 5 komponen sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai KPP Pratama Bekasi Barat. Namun, di lapangan masih terdapat kendala dalam hal kecepatan akses yang tekadang offline dan mengalami penurunan dikarenakan terhubung dengan satu server pusat yang sama sehingga perlu adanya upaya perbaikan terhadap penerapan SIDJP di KPP Pratama Bekasi Barat.