Pengaruh Penerapan Program Corporate Social Responsibility Dalam Membentuk Brand Image Dan Dampaknya Pada Minat Beli (Survei pada Program CSR PT. Inti Daya Guna Aneka Warna di Kampung Jodipan Kota Malang Jawa Timur)
Main Author: | Armanda, Yogie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8514/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran CSR yang selama ini dianggap hanya sebatas menggugurkan kewajiban bagi perusahaan, padahal mampu meningkatkan citra perusahaan dan daya beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh penerapan program Corporate Social Responsibility terhadap Brand Image, (2) pengaruh penerapan program Corporate Social Responsibility terhadap Minat Beli, dan (3) pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli. Jenis penelitian ini adalah penelitan penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Corporate Social Responsibility (CSR), Brand Image dan Minat Beli. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Kota Malang, Jawa Timur yang berusia 17 tahun ke atas dan pernah mengunjungi Kampung Jodipan Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang diambil dengan menggunakan metode cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (X) berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (Y1), variabel Corporate Social Responsibility (X) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y2), dan Brand Image (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y2). Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya PT. Inti Daya Guna Aneka Warna mempertahankan kualitas dari program CSR yang sedang dijalankan, dan meningkatkan kualitas brand image perusahaan. Sebab brand image memiliki peran yang besar dalam meningkatkan minat beli penduduk Kota Malang terhadap produk yang dikeluarkan oleh PT. Inti Daya Guna Aneka Warna.