Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Dalam Menunjang Pemasaran (Studi pada PT Tritama Bina Karya Malang)
Main Author: | Ramadhany, Fitriana Fajrin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8513/ |
Daftar Isi:
- Dalam menghadapi persaingan global, mutu produk yang dihasilkan perusahaan perlu diperhatikan karena saat ini kesadaran konsumen mengenai mutu produk semakin meningkat. Untuk itu perusahaan perlu mendapatkan pengakuan internasional yang menyatakan bahwa produk dan sistem yang digunakan telah sesuai dengan standar. Standar internasional mengenai manajemen mutu yang biasa digunakan adalah ISO 9001:2015. Penerapan yang konsisten akan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Di sini peran manajemen pemasaran sangat penting untuk memahami kondisi dan permintaan pasar serta merancang strategi yang tepat untuk pencapaian target perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di PT Tritama Bina Karya, menganalisis pengaruh penerapan sistem tersebut dalam menunjang kegiatan pemasaran perusahaan, dan faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dianalisis dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Tritama Bina Karya belum sepenuhnya menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Hanya tiga dari tujuh prinsip dalam ISO 9001:2015 yang sudah dapat dipenuhi yaitu prinsip fokus pelanggan, prinsip perbaikan, dan prinsip manajemen hubungan. Penerapan prinsip tersebut membantu manajemen pemasaran menjaga kepercayaan agency dan pengguna jasanya. Hambatan penerapan sistem ini sebagian besar berasal dari internal perusahaan yang terutama disebabkan karena terbatasnya sumber daya manusia.