Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Kuliner Kafe Kota Malang)

Main Author: Jayaningrum, Erni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8503/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing: (2) pengaruh Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing: (3) pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing: (4) pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran: (5) pengaruh Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran: (6) pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran: (7) pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian dilakukan pada kuliner kafe Kota Malang. Variabel yang digunakan terdiri dari: Orientasi Pasar (X1), Inovasi (X2), Orientasi Kewirausahaan (X3). Dependent variable dari penelitian ini adalah Keunggulan Bersaing (Z) dan Kinerja Pemasaran (Y). Seluruh variabel yanga diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 41 orang responden yaitu pemilik dan pengelola kuliner kafe Kota Malang yang terdaftar pada Badan Pelayanan Pajak Daerah kota Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat dari hasil penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari Lembaga yang terkait dengan topik dan penelitian ini. Pengujian instrument dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel Orientasi Pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing: (2) Variabel Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing: (3) Variabel Orientasi Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing: (4) Variabel Orientasi Pasar berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran: (5) Variabel Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran: (6) Variabel Orientasi Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran: (7) Variabel Keunggulan Bersaing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Pemilik dan pengelola kafe harus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, merespon tindakan pesaing sehingga aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dapat mendukung kinerja dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki. Sehingga kinerja pemasaran perusahaan dapat mengalami peningkatan. Mengintegrasikan strategi pada karyawan untuk menghadapi pesaing sehingga aktivitas yang dilakukan perusahaan dapat mendukung kemampuan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Melakukan inovasi berkelanjutan agar dapat mencapai keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran yang unggul.