Implementasi Kebijakan Program Kelas Internasional Pada Perguruan Tinggi (Studi Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Main Author: Wardani, Malisa Cory
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/850/1/MALISA%20CORY%20WARDANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/850/
Daftar Isi:
  • Kelas internasional merupakan salah satu program dari Universitas Brawijaya sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang terkemuka dalam rangka World Class University serta menjadi visi-misinya sebagai universitas unggul berstandar Internasional dan berdaya saing ASEAN. Dengan sudah berjalannya Program Kelas Internasional pada beberapa Fakultas di Universitas Brawijaya sejak tahun 2006 hingga saat ini, sementara beberapa Fakultas yang pada awalnya bersungguh-sungguh melaksanakan Program Kelas Internasional kini diketahui tidak lagi melanjutkan Program tersebut. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya merupakan salah satu Fakultas yang masih konsisten melaksanakan Program Kelas Internasional tersebut hingga saat ini dan terus melakukan pengembangan dengan membuka Program Kelas Internasional di setiap jurusannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Implementasi Kebijakan Kelas Internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhinya berdasarkan teori implementasi kebijakan Edward III antara lain faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif- deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tekhnik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan studi dokumen. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi yang terjadi selama ini, baik antara pihak Fakultas dengan mahasiswa banyak menggunakan komunikasi tidak langsung dikarenakan lebih efektif dan efisien. Namun komunikasi secara langsung pun rutin dilakukan setiap awal perkuliahan dengan 8 mengundang orang tua mahasiswa. 2) Sumber Daya, dukungan sumber daya pelaksana kebijakan Program Kelas Internasional di FEB-UB baik sumber daya manusia, sumber daya anggaran, informasi dan kewenangan dan sarana prasarana sudah cukup memenuhi. Walaupun demikian masih ada beberapa kekurangan seperti jumlah sumber daya manusia yang perlu ditambah. 3) Disposisi dinilai dari tingkat kepatuhan pelaksana kebijakan dan tingkat kepatuhan mahasiswa. Kepatuhan pelaksana kebijakan (aktor kebijakan) dinilai sudah bagus. Sejalan dengan pelaksana kebijakan, kepatuhan mahasiswa juga dinilai baik karena sikap mendukung mereka dalam Kebijakan Program Kelas Internasional. 4) Struktur Birokrasi, dinilai dari ketersediaan SOP Internal terkait pelaksanaan Kebijakan Program Kelas Internasional di FEB-UB serta Fragmentasi. Unit Program Internasional FEB-UB memiliki SOP yang lengkap yang mengatur alur-alur kerja pelayanan pada Program Kelas Internasional. Terkait pola hubungan kerja dan pembagian tugas (Fragmentasi), Unit Program Kelas Internasional FEB-UB memiliki pola hubungan kerja yang baik dan sesuai dengan bidangnya masing-masing.