Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Business Process Model And Notation (BPMN) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang)

Main Author: Rahmawati, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/846/1/Rahmawati%2C%20Dwi.pdf
http://repository.ub.ac.id/846/
Daftar Isi:
  • Bidang pelayanan perizinan Pemerintah Kota Malang terdapat 12 proses bisnis pelayanan perizinan yang aktif. Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masih belum memiliki dokumen SOP (Standard Operating Procedure) yang dikarenakan perubahan struktur organisasi. Selain itu dalam kegiatan pelayanan publik ini memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak menentu karena banyak terdapat pelimpahan tugas dari dinas lain yang masih belum diproses dan banyak para petugas yang belum mendapatkan Pendelegasian PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan SPMT (Surat Perintah Mengerjakan Tugas ) dari Walikota Kota Malang.Oleh karena itu dengan pemaparan permasalahan yang ada, penelitian menerapkan konsep Bussiness Process Management (BPM) untuk melakukan analisis 12 proses bisnis pelayanan perizinan di bidang perizinan Kota Malang dan mengetahui beberapa kemungkinan permasalahan yang terjadi pada proses bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan memodelkan proses bisnis saat ini (as-is) pada bidang pelayanan perizinan. metodologi penelitian yang digunakan dengan studi literatur dan pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan beberapa dokumen pendukung. Proses bisnis diidentifikasi dengan menggunakan Value Chain for Service, Konsep Abstraksi pada Bussiness Process Modelling Foundation, dan RACI Chart. Proses bisnis tersebut dimodelkan menggunakan standar pemodelan Bussiness Process and Notation ( BPMN) versi 2.0.