Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Sentra Ukm Keripik Tempe Sanan Kota Malang
Main Author: | Insani, Elni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8412/ |
Daftar Isi:
- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam aktivitas ekonomi masyarakat Kota Malang. Dalam perkembangan dunia industri saat ini persaingan tidak dapat dihindari sehingga UMKM perlu meningkatkan kinerja yang dihasilkan. Kinerja usaha ini dapat tercapai dengan meningkatkan orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar dalam usaha agar mampu bersaing ditengah persaingan pasar yang makin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha keripik tempe di wilayah Sanan Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di UMKM keripik tempe Sanan Kota Malang pada bulan Mei-Juni 2017. Jumlah sampel yang digunakan adalah 60 UMKM. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan software SPSS 16.0 dan statistik inferensial dengan menggunakan software WarpPLS 6.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap orientasi pasar dan kinerja usaha, serta orientasi pasar terhadap kinerja usaha mampu memberikan pengaruh yang positif dan significant. Selain itu, orientasi pasar memediasi parsial hubungan antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha sedangkan ukuran usaha dan umur usaha mampu memoderasi hubungan antara orientasi pasar dan kinerja usaha dengan sifat memperlemah (ukuran usaha) dan memperkuat (umur usaha).