Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Observasi Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang
Main Author: | Anggreini, Yeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8397/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami siswa yaitu siswa kurang mampu menulis teks hasil observasi berdasarkan struktur teksnya yang terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat, kegiatan pembelajaran masih bersifat textbook, dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga menyebabkan proses pembelajaran pasif dan membosankan. Metode kontekstual dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana penerapan metode kontekstual dalam pembelajaran menulis teks hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagak, dan (2) bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks ulasan melalui model concept sentence pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pagak, Kabupaten Malang dengan subjek penelitian kelas VII-E. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagak dengan menggunakan metode kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian aktivitas guru pada siklus I pertemuan I kategori sangat baik 33,33%, baik 44,44%, cukup 0,00%, kurang 22,22%. Siklus I pertemuan II kategori sangat baik 55,55%, baik 44,44%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Pada siklus II pertemuan I penilaian aktivitas guru kategori sangat baik 100%, baik 00,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan II kategori sangat baik 100%, baik 0,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Hasil penilaian aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I pada kategori sangat baik 25,00%, baik 50,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus I pertemuan II kategori sangat baik 37,50%, baik 62,50%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan I penilaian aktivitas siswa pada kategori sangat baik 100%, baik 0,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan II kategori sangat baik 100%, baik 0,00%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Nilai hasil siswa dalam menyusun teks hasil observasi melalui metode kontekstual mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tahap prasiklus 67.80, pada siklus pertama nilai rata-rata menjadi 79.55 dari 9 siswa tuntas KKM dan 6 siswa belum tuntas KKM dengan persentase ketuntasan 66,66%. Pada siklus kedua rata-rata nilai siswa menjadi 89,47 dari 15 siswa tuntas KKM dengan persentase kelulusan 100%.