Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita Anak Melalui Media Boneka Tangan Pada Siswa Kelas V SDN KlenangLor 1 Kabupaten Probolinggo
Main Author: | Putri, HanyTriaKusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8392/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode ceramah yaitu guru masih menyampaikan materi dengan membaca buku, dan disertai dengan contoh-contoh yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Hal lain yang menjadi hambatan adalah guru masih memberikan contoh melalui media laptop, LCD, dan radio pada materi pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan solusi untuk menggunakan media pembelajaran yang unik, kreatif, serta mampu menjadikan siswa lebih aktif dalam memahami pembelajaran.Media tersebut berupa media pembelajaran boneka tangan, media pembelajaran ini berguna untuk membantu siswa berpikir secara sistematis dan berkonsentrasi pada materi pelajaran yang diajarkan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini lebih mengarah ke dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu pembelajaran pada siklus I sebanyak 9 siswa (31%) yang tuntas, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa (68%), hasil tersebut jika dirata-rata akan memperoleh hasil 62,10. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada siklus II sebanyak 27 siswa (93%) yang memperoleh nilai tuntas, dan 2 siswa (6%) yang memperoleh nilai rendah. Hasil tersebut jika dirata-rata akan memperoleh hasil 82,89.Sehingga terjadi peningkatan sebesar 62% atau 20,79 dari hasil pembelajaran pada siklus I ke siklus II.