Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Fabel Menggunakan Metode Pemodelan Pada Siswa Kelas VII-I SMPN 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri

Main Author: Puspitaningrum, Reni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8388/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadiluwih yang mengalami kesulitan menceritakan kembali isi teks fabel karena kurangnya rasa percaya diri. Permasalahan tersebut karena siswa tidak mengetahui dan memahami contoh bercerita yang baik sehingga siswa mendapatkan nilai rata-rata 59,62 atau berada di bawah KKM 75 dengan persentase ketuntasan 27,5%. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan menceritakan kembali teks fabel dengan menggunakan metode pemodelan pada siswa kelas VII-I SMPN 1 Ngadiluwih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan meningkatkan kemampuan bercerita. Instrumen penelitian yaitu tes dan nontes. Pada intrumen tes masing-masing siswa menceritakan kembali teks fabel dengan judul yang sama secara bergantian. Intrumen nontes terdiri atas lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan angket siswa. Hasil yang diperoleh bahwa penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII-I SMP Negeri 1 Ngadiluwih. Peningkatan pada tahap proses yaitu pada siklus I memperoleh 66,25 meningkat menjadi 86,25 pada siklus II. Selanjutnya, nilai rata-rata kegiatan siswa siklus I memperoleh 62,5 meningkat di siklus II menjadi 87,5. Adapun peningkatan pada segi hasil, yaitu persentase ketuntasan siswa meningkat dari siklus I pertemuan I hanya 25% menjadi 90% pada siklus II pertemuan II. Peningkatan juga terjadi pada rata-rata nilai siswa, awalnya pada siklus I pertemuan I sebesar 57,05 menjadi 83,50 pada siklus II pertemuan II.