The Correlation Between Reading And Writing Ability on Narrative Text of the Eleventh Grade of SMAN 01 Singosari

Main Author: Zahro, Eva Munaifiatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8253/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan siswa dalam membaca dan menulis teks narasi. Penelitian ini adalah penelitian quantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Penelitian ini telah dilakukan di SMAN 01 Singosari. 130 siswa XI IPA E - H telah dipilih untuk menjadi responden dalam penelitian ini, dimana kesemuanya dipilih untuk menjadi responden. Dalam mengumpulkan data, peneliti hanya mengambil nilai sebagai instrument dari dua macam tes yang sudah di uji oleh guru di SMAN 01 Singosari, yaitu tes membaca yang terdiri dari 20 soal dan 1 tes menulis teks narasi. Para siswa diminta oleh guru mengerjakan kedua tes tersebut dalam waktu yang bersamaan. Data yang didapat dari penelitian ini berupa nilai siswa dalam tes membaca dan menulis teks narasi. Guru melibatkan 2 penilai untuk menilai hasil dari tes menulis narasi teks. Adapun rumus yang digunakan dalam menghitung data dalam penelitian ini yakni menggunakan Pearson Product Moment Formula dalam aplikasi SPSS versi 21. Hasil dari perhitungan data menunjukkan bahwa rhitung(ro) yang didapat adalah 0,640 dan thitung (to) sebesar 2,209. Kemudian dengan df 128, kedua hasil yang didapat tersebut dibandingkan dengan rtabel dan ttable dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,168 dan 1,645. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu (0,640 > 0,168) dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu (2,209 > 1,645) yang berarti terdapat korelasi antara dua variabel tersebut. Korelasi tersebut menyatakan apabila kemampuan membaca tinggi, kemampuan menulis juga tinggi dan sebaliknya. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, bisa dikatakan bahwa kedua variabel mempunyai korelasi positif dan kuat. Hal ini berarti bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima dimana ada korelasi antara membaca dan menulis; Saat membaca tinggi, maka tulisan juga tinggi dan sebaliknya dan Hipotesa null (Ho) di tolak dimana tidak ada korelasi antara membaca dan menulis. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa adanya hubungan atau korelasi antara kemampuan siswa kelas sebelas SMAN 01 Singosari dalam membaca dan menulis teks narasi.