Hubungan Nilai Osce Dan Kepuasan Dalam Proses Pembelajaran Ketrampilan Klinik Mahasiswa Tahap Akademik Dengan Kesiapan Melakukan Tindakan Medik Pada Tahap Profesi

Main Author: Tanesa, Gita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8159/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran ketrampilan klinik mahasiswa kedokteran tahap akademik dilaksanakan mulai saat preklinik, kepaniteraan umum (Panum) di akhir masa preklinik dan diujikan dengan OSCE (Objective Structural Clinical Examination). Situasi pembelajaran ketrampilan klinik dan OSCE dengan metode simulasi berbeda dengan situasi yang nyata pada tahap profesi nantinya. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan nilai OSCE dan kepuasan dalam proses pembelajaran ketrampilan klinik mahasiswa tahap akademik dengan kesiapan melakukan tindakan medik pada tahap profesi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dan desain penelitian cross sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 90 mahasiswa kedokteran FKUB angkatan 2013 (tahun ke-4 Pendidikan Dokter). Data yang dianalisis didapat dari nilai OSCE Panum, kuesioner kepuasan proses pembelajaran dan kuesioner kesiapan melakukan tindakan medik. Hasil uji korelasi Spearman dengan nilai signifikansi p<0,05 menunjukkan bahwa hubungan kepuasan dalam proses pembelajaran ketrampilan klinik dengan kesiapan mahasiswa melakukan tindakan medik pada tahap profesi memiliki p-value 0,001 dengan nilai koefisien korelasi 0,347. Sedangkan, hubungan nilai OSCE Panum dengan kesiapan melakukan tindakan medik pada tahap profesi didapatkan p-value 0,578 dengan nilai koefisien korelasi -0,059. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan dalam proses pembelajaran ketrampilan klinik mahasiswa tahap akademik dengan kesiapan melakukan tindakan medik pada tahap profesi. Sedangkan, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara nilai OSCE Panum dengan kesiapan mahasiswa melakukan tindakan medik pada tahap profesi.