Students’ Perception of Classroom Physical Environment on English Teaching-Learning Activities at SMP Negeri 1 Singosari. English Language Education Program, Faculty of Cultural Studies, Universitas Brawijaya

Main Author: Indraswari, Natasha Dinda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8153/
Daftar Isi:
  • Siswa-siswi menghabiskan banyak waktu mereka duduk di dalam kelas. Untuk menjaga konsentrasi dan fokus, mereka membutuhkan ruang kelas yang nyaman. Maka, manajemen kelas diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Hal tersebut dapat diraih dengan lingkungan fisik kelas yang baik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu persepsi siswasiswi serta pengaruh lingungan fisik kelas dalam kegiatan belajar-mengajar bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang subjeknya adalah siswa-siswi kelas delapan dari SMP Negeri 1 Singosari. Empat puluh siswa dan siswi dipilih sebagai perwakilan. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan kuisioner dan panduan wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data. Kuisioner dan panduan wawancara tersebut diadaptasi dari teori Schneider (2002). Setelah data dari kuisioner dianalisis, peneliti memaparkan hasilnya di dalam bentuk tabel dan juga prosentase. Lalu hasil dari kuisioner tersebut diuraikan dengan hasil dari wawancara untuk mendapatkan penjelasan lebih dalam dari kacamata siswa dan siswi. Hasil dari data yang sudah dikumpulkan menunjukkan, bahwa siswa-siswi merasa nyaman melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam ruang kelas. Mereka juga menikmati fasilitas yang diberikan oleh sekolah. Hal ini juga ditunjukkan dengan pengaruh lingkungan fisik kelas terhadap nilai akademik yang didapat. Peneliti menyarankan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas dari fasilitas didalam kelas agar siswa-siswi dapat menikmati fasilitas tersebut sepenuhnya. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi oleh peneliti-peneliti selanjutnya yang akan meneliti tentang faktor lain yang mendukung manajemen kelas seperti budaya, materi belajar, hubungan antara guru dan murid, serta kebijakan yang diberikan oleh sekolah.