Pengembangan Media Aurora 3D Presentation Pada Keterampilan Menyusun Teks Ulasan Kelas VIII SMP
Main Author: | Rosyidah CH, Alfiyatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8149/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Wahid Hasyim Kota Malang sering menggunakan buku bacaan dalam kompetensi dasar menyusun teks ulasan. Namun, siswa cenderung malas dan kurang tertarik untuk menerima materi pembelajaran. Sehingga menyebabkan kurangnya respon siswa pada materipelajaran. Untuk mengatasi masalah yang terjadi di sekolah, peneliti menggembangkan media yang bernama Aurora 3D Presentation, yakni media audio visual yang dikemas dalam bentuk slide. Terdapat rumusan masalah yang diperoleh berdasarkan permasalahan yang terjadi di lapangan, yakni (1) bagaimanakah pengembangan tampilan media Aurora 3D Presentation dan (2) bagaimanakah pengembangan implementasi media Aurora 3D Presentation? Penelitian ini menggunkan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas sepuluh tahap, meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan bentuk produk, (4) uji lapangan pendahuluan, (5) revisi berdasarkan hasil uji lapangan pendahuluan, (6) uji lapangan utama, (7) revisi berdasarkan hasil uji lapangan utama, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi berdasarkan uji lapangan operasional, dan (10) penyebaran dan implementasi. Berdasarkan hasil analisis akhir, diperoleh presentase rata-rata dari hasil pengisian angket validasi materi sebesar 97,3%, ahli media sebesar 84,5%, ahli praktisi sebesar 91,8% dan angket siswa sebesar 77%. Secara keseluruhan media termasuk dalam kategori sangat valid/sangat baik, sehingga media dapat dikatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada hasil implementasi yang dilakukan oleh siswa sebesar 81,9% dan ahli praktisi sebesar 96,3%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media layak untuk disebarluaskan dan juga digunakan oleh pengguna lain, karena media tersebut praktis dan dapat menarik siswa untuk belajar, sehingga siswa dapat berkonsentrasi pada saat menerima materi pembelajaran menyusun teks ulasan.