Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Saus Sambal ABC (Studi pada Konsumen Giant Kota Malang)

Main Author: Umardhani, Andre
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8033/
Daftar Isi:
  • Industri makanan dan minuman di Indonesia saat ini memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Perkembangan industri makanan di Indonesia disebabkan adanya pergeseran dari produk pertanian yang awalnya dijual mentah menjadi produk jadi. Pergeseran produk tersebut didasari oleh kecenderungan masyarakat yang mengutamakan konsumsi produk makanan dan minuman instan.Meningkatnya perkembangan industri makanan di Indonesia, mempengaruhi tingkat persaingan global antar industri, sehingga mengharuskan setiap industri memiliki strategi bisnis yang tepat untuk mempertahankan penjualan dan keuntungan. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan meningkatkan pemasaran produk.PT Heinz ABC merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak dalam bidang makanan, dengan salah satu produk andalan yang dimiliki yaitu saus sambal ABC. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen, dan mengetahui variabel bauran promosi yang berpengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen saus sambal ABC. Batasan masalah pada penelitian ini adalah bauran promosi yang diteliti meliputi periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi, keputusan pembelian yang diteliti meliputi pemenuhan kebutuhan dan kualitas produk, dan kepuasan konsumen yang diteliti meliputi harapan konsumen, keinginan membeli ulang, dan rasa senang. Sampel penelitian ini adalah viii konsumen saus sambal ABC di Giant Kota Malang yang membeli minimal 1 produk setiap bulannya.Jumlah sampel responden yang digunakan adalah sebanyak 95 responden. Penelitian ini akan menggunakanmetode Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Terdapat tiga variabel eksogen yakni periklanan, penjualan pribadi, dan promosi penjualan serta dua variabel endogen yang terdiri dari keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah variabel periklanan dan promosi penjualan dengan nilai CR berturut-turut 10.4 dan 2.54 lebih besar dari r tabel yaitu 1.96. Variabel penjualan pribadi tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai CR 1.88 lebih kecil dari r tabel. Indikator yang paling berpengaruh pada keputusan pembelian adalah indikator iklan televisi dan youtube (X1.3). Variabel periklanan dan promosi penjualan menghasilkan hubungan positif atau berbanding lurus dengan variabel keputusan pembelian. Variabel penjualan pribadi menghasilkan hubungan yang negatif atau berbanding terbalik dengan variabel keputusan pembelian. Variabelkeputusan pembelian memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai CR 26.59. Indikator yang paling berpengaruh dalam menentukan kepuasan konsumen adalah harapan konsumen (Y21). Variabel keputusan pembelian juga menghasilkan hubungan yang positif dengan kepuasan konsumen.