Penak Kerjo Ketimbang Sekolah: Pragmatisme dan Pendidikan Masyarakat Dusun Torongrejo Desa Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Main Author: | Putri, Efranda Oktaria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8005/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan pendidikan pada masyarakat pedesaan merupakan hal yang sering ditemui. Beberapa masyarakat pedesaan dengan lingkungan pertanian atau dekat dengan lapangan pekerjaan khas mereka terkadang memiliki pilihan sendiri untuk menentukan akan dengan cara apa mereka akan melangsungkan hidupnya. Secara khusus, penelitian ini menyajikan informasi mengenai pragmatisme masyarakat pedesaan yang terkait dengan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini berupaya untuk menjawab rumusan masalah (1) Bagaimana keadaan serta kesadaran pendidikan pada Dusun Torongrejo; (2) Bagaimana bentuk pragmatisme dalam hal pendidikan pada masyarakat Dusun Torongrejo. Hasil dari penelitian penulis menunjukkan bahwa keadaan pendidikan masyarakat Dusun Torong masih terbilang kurang khususnya pada sarana-prasarana, proses belajar mengajar, kelayakan dan lain sebagainya. Kesadaran masyarakat dalam hal pendidikan yang kurang, serta sikap pragmatis masyarakat yang terkait dalam hal pendidikan ditemui dalam penelitian ini. Bekerja pada masyarakat Dusun Torong merupakan pilihan rasional bagi mereka daripada menginvestasikan apa yang mereka miliki untuk sekolah.