Strategies for Teaching Speaking (A Case Study at the Second Grade of MTs. Negeri Turen)

Main Author: Aini, Nila Qurrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/8003/
Daftar Isi:
  • Keterampilan berbicara adalah keterampilan penting yang harus dikuasai ketika belajar bahasa. Banyak pelajar bahasa menganggap bahwa kemampuan berbicara sebagai cara untuk mengukur pengetahuan bahasa. Kemampuan berbicara dapat menjadi ukuran keberhasilan dalam belajar bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi apa yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar berbicara di kelas 8-C MTs. Negeri Turen. Selain itu, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain. Penelitian tersebut dilakukan di MTs. Negeri Turen, Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu observasi untuk mengamati proses belajar mengajar di kelas, wawancara untuk mendapatkan informasi tentang strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar berbicara dan dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Kesimpulannya, hasil dari studi ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan permainan sebagai strategi dalam mengajar berbicara. Permainannya adalah Running text card, Charades game, and Telephone game. Strategi ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dikarenakan setelah menerapkan permainan ini, siswa mendapatkan nilai lebih dari nilai standart minimum di sekolah, yakni 75. Oleh karena itu, siswa dapat menikmati proses belajar mengajar menggunakan permainan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris harus mencari strategi lain yang sesuai bagi para siswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa dan untuk memecahkan masalah mereka. Selain itu, hasil kajian ini diharapkan akan bermanfaat bagi para peneliti berikutnya sebagai referensi dalam melakukan penelitian lebih lanjut tentang metode guru mengajar berbicara.