Pengaruh Penggunaan Video dalam Pembelajaran (Tonari, Yoko, Soba dan Chikaku) Terhadap Hasil Belajar Siswa XI IPA di SMA Panjura Malang

Main Author: Puspitasari, Dewi Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7953/
Daftar Isi:
  • Pada saat melakukan observasi di SMA Panjura Malang peneliti menemukan siswa kesulitan untuk membedakan kata chikaku, yoko, soba dan tonari. Pada saat pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Panjura Malang pengajar kurang mendapatkan perhatian yang baik. Dengan demikian peneliti ingin membuat video pembelajaran yang di dalamnya terdapat penjelasan dan gambar yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa untuk lebih giat belajar dan juga untuk mempermudah siswa untuk memahami. Berdasarkan permasalahan ini peneliti bartujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh penggunaan video dalam pembelajaran (chikaku, yoko, soba dan tonari) terhadap hasil belajar siswa XI IPA II di SMA Panjura Malang. 2) Bagaimana tanggapan siswa XI IPA II di SMA Panjura Malang menggunakan video dalam pembelajaran chikaku, yoko, soba dan tonari Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design penelitian One Grup Pretest Posttest. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari tes dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest, serta membuktikan bahwa penggunaan video berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI IPA II di SMA Panjura Malang. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat tinggi terhadap video sebagai media pembelajaran.