Pengaruh Permanian Word Square terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMA Panjura Malang Tahun Angkatan 2017/2018

Main Author: Wulandari, Rizki Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7952/
Daftar Isi:
  • Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang sangat diminati di Indonesia, namun kesulitan menguasai kosakata adalah salah satu alasan utama mengapa bahasa asing sulit dipelajari. Hal ini terjadi pada siswa di SMA Panjura Malang. Kebanyakan siswa merasa kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa Jepang sehingga membutuhkan suatu media untuk menarik perhatian siswa, sehingga pada penelitian ini menggunakan permainan word square guna untuk membantu siswa menguasai kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimanakah pengaruh permainan word square terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X SMA Panjura Malang 2) Bagaimana tanggapan siswa kelas X SMA Panjura Malang setelah mempelajari kosakata bahasa Jepang dengan permainan word square. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian the one group pratest-posttest. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai tes dan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest kosakata bahasa Jepang, serta membuktikan bahwa penggunaan permainan word square berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa Kelas X SMA Panjura Malang Tahun Angkatan 2017/2018. Selain itu, berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat tinggi terhadap penggunaan permainan word square sebagai media penguasaan kosakata.