An Evaluation Of The Language Skills On “When English Rings A Bell” Curriculum Based Textbook For Junior High School In Second Year

Main Author: Farisi, Abror Hanif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7939/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proporsi dalam keterampilan berbahasa dari buku “When English Rings A Bell” untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama berdasarkan teori mengevaluasi buku. Pembelajaran ini bertujuan untuk melihat apakah buku berbasis kurikulum “When English Rings A Bell” menyediakan empat keterampilan berbahasa berdasarkan Cunningsworth (1995). Model penelitian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kualitatif deskriptif. Data diambil di semester kedua dari bab 7 sampai 12 karena materi nya menantang dan dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, peneliti hanya fokus pada keterampilan berbahasa. Peneliti menggunakan rumus dari Wibisono (2013) untuk melihat proporsi dari keterampilan berbahasa dan menggunakan ceklis dalam keterampilan berbahasa dari “Choosing Your Coursebook” oleh Cunningsworth (1995). Data dianalisa dengan menganalisa buku teks beradasarkan kriteria pada ceklis keterampilan berbahasa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persentase dari keterampilan membaca adalah 50%. Buku berbasis kurikulum tersebut memiliki banyak aktivitas membaca tetapi memiliki kekurangan dalam keragaman karena instruksi monoton. Keterampilan berbicara 9% hanya tiga bab yang menyediakan aktivitas membaca di semester kedua. Aktivitas mendengarkan pada buku 3% hanya ada dua aktivitas mendengarkan. Keterampilan menulis 38% aktivitas. Maka dari itu, penelliti memberi saran kepada guru bahasa Inggris untuk mengevaluasi buku teks sebelum dan saat mengajar siswa, dan mengembangkan materi didalam buku teks, contohnya dalam buku berbasis kurikulum ini kurang dalam aktivitas mendengarkan, guru dapat menyediakan sebuah audio, video atau power point dalam proses belajar dan mengajar untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada siswa. Kemudian untuk penelitian kedepannya, pembelajaran ini dapat menjadi salah satu referensi untuk mendukung pembelajaran selanjutnya untuk mengevaluasi beberapa aspek didalam buku teks khusunya pada keterampilan berbahasa.