Perbedaan Sikap Dan Perilaku Ibu Baduta Terkait Praktik Pemberian Mp-Asi Sebelum Dan Setelah Edukasi Melalui Media Website Dan Booklet Di Wilayah Kota Malang

Main Author: Ramadhani, Citta Arasti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7920/
Daftar Isi:
  • Persentase praktik pemberian MP-ASI di Indonesia yang sesuai dengan rekomendasi waktu, frekuensi, dan kualitas hanya sebesar 41%. Salah satu faktor yang mempengaruhi praktik tersebut adalah pengetahuan yang dapat ditingkatkan melalui edukasi terkait MP-ASI. Booklet merupakan salah satu media edukasi yang tipis namun mengandung banyak informasi. Sedangkan website memiliki jangkauan yang luas serta dapat diakses kapan dan dimana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sikap dan perilaku ibu baduta terkait praktik pemberian MP-ASI sebelum dan setelah edukasi melalui media website dan booklet. Jenis penelitian ini adalah pre-posttest design only dengan desain pretest dan posttest terhadap responden ibu baduta di Wilayah Kota Malang (n=46) yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan sikap (p= 0,888) dan perilaku (p=0.333) sebelum edukasi; terdapat perbedaan sikap antara sebelum dan setelah edukasi melalui media website (p=0,007*) dan booklet (p=0,002*); terdapat perbedaan perilaku sebelum dan setelah edukasi pada kelompok booklet (p=0,019*), namun tidak terdapat perbedaan pada kelompok website (p=0,958); serta tidak terdapat perbedaan sikap (p=0,929) dan perilaku (p=0,389) setelah pemberian edukasi. Dapat disimpulkan bahwa kedua media dapat meningkatkan skor sikap ibu terkait MP-ASI, namun dalam meningkatkan skor perilaku, media booklet lebih efektif daripada media website.