Improving Students’ Speaking Ability by Using Project-Based Learning at Marketing Department, SMKN 1 Jombang

Main Author: Ghozali, Muhamad Afifuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7833/
Daftar Isi:
  • Speaking adalah salah satu dari empat ketrampilan yang penting dalam belajar Bahasa Inggris dan dianggap sebagai ketrampilan yang paling sulit untuk dikuasai. Di lapangan, ada dua masalah yang menjadi penghalang utama dalam belajar Bahasa Inggris khususnya di SMKN 1 Jombang. Masalah itu adalah rendahnya motivasi para siswa dan pengurangan alokasi waktu mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dua masalah itu ada di jurusan pemasaran. Melihat masalah tersebut, Project-based learning dianggap sebagai strategi yang paling tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dalam satu waktu. Selain itu, strategi project-based learning berdampak pula pada peningkatan speaking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan speaking siswa menggunakan project-based learning dan berfokus pada satu masalah penelitian yaitu bagaimana project-based learning dapat meningkatkan speaking siswa dari jurusan pemasaran di SMKN 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah collaborative classroom action research dikarenakan penulis belum punya kelas reguler. Metode penelitian ini terdiri dari empat tahap dalam satu siklus yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Lalu, apabila tidak mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan maka harus dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini adalah saat 75% siswa mendapatkan minimal 10 poin peningkatan. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa dari kelas X PM 2. Data-data dikumpulkan menggunakan lima instrument yaitu Test, Questionnaire, Observational Checklist, Field Note, and Interview Guide. Penelitian dilaksanakan mulai dari 4 November 2016 sampai 13 April 2017. Penelitian ini menunjukkan bahwa project-based learning dapat meningkatkan speaking siswa. Hal ini ditunjukkan dengan 85,3% siswa mendapatkan minimal 10 poin peningkatan speaking dalam satu siklus. Project-based learning dapat pula mengatasi rendahnya motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Project-based learning juga dapat mengatasi masalah tentang terbatasnya alokasi waktu mengajar dengan beberapa modifikasi. Melihat hal itu, sangat disarankan untuk menggunakan project-based learning untuk mengatasi masalah guru dan siswa dalam pembelajaran yang berfokus pada kemampuan berbicara Bahasa Inggris.