Analisis Efisiensi Pemasaran Dengan Pendekatan Efisiensi Struktur, Perilaku dan Kinerja Pasar Kedelai Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usahatani (Studi Kasus di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan)
Main Author: | Rusdiana, Eni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/781/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/781/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/781/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/781/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/781/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/781/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/781/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/781/ |
Daftar Isi:
- Kedelai atau tanaman pangan non beras mempunyai peluang yang sedang baik, tidak hanya sebagai penyedia bahan pangan bagi penduduk Indonesia, namun juga memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian nasional. Produksi kedelai yang mengalami gangguan akan berdampak pada stabilitas pasokan dan harga jual kedelai. Selama ini petani selalu dihadapkan pada persoalan yang klasik diantaranya adalah produksi kedelai yang melimpah pada saat panen raya namun harga penjualan kedelai tidak sesuai dengan harapan petani. Seringkali keuntungan yang diterima petani tidak sebanding dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan usahataninya. Dengan adanya pemasaran yang efisien akan terjadi keadilan pembagian hasil antara petani dan saluran pemasaran yang terkait. Sehingga akan memberikan dampak yang positif, seperti meningkatnya tingkat pendapatan bagi petani. Efisiensi pemasaran kedelai dilakukan dengan mengetahui Sejauh mana tingkat efisiensi dari struktur, perilaku dan kinerja pasar berpengaruh pada pendapatan petani kedelai di daerah penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis tingkat efisiensi struktur pasar kedelai, (2) menganalisis tingkat efisiensi perilaku pasar kedelai, dan (3) menganalisis tingkat efisiensi kinerja pasar kedelai, (4) menganalisis pendapatan usahatani kedelai, (5) menganalisis hubungan pendapatan usahatani kedelai dengan tingkat efisiensi pemasaran. Penelitian dilakukan di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Pemilihan lokasi tersebut diambil secara purposive atas dasar pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan sebagai penyumbang produksitivitas kedelai yang besar, karena setiap tahun produktivitas stabil sekitar ± 1,8 ton/Ha. Populasi pada penelitian ini terdiri dari populasi petani dan populasi lembaga pemasaran. Penentuan sampel petani dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengambilan sampel untuk lembaga pemasaran dilakukan dengan teknik non probability sampling menggunakan metode snowball sampling karena jumlah populasi yang belum diketahui. Analisis tingkat efisiensi pemasaran kedelai dilakukan dengan menggunakan struktur, perilaku dan kinerja pasar dengan 12 indikator. Analisis pendapatan petani dilakukan dengan membandingkan rata-rata pendapatan usahatani kedelai di daerah penelitian, kemudian diuji dengan uji beda rata-rata. Analisis pengaruh tingkat efisiensi pemasaran dan tingkat pendapatan usahatani dianalisis menggunakan korelasi rank (spearman). Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat efisiensi struktur, perilaku dan kinerja pasar kedelai di daerah penelitia masing-masing tergolong dalam kategori sedang dengan skor 302, tidak efisien dengan skor 288, sedang dengan skor 314. Secara keseluruhan tingkat efisiensi pemasaran kedelai tergolong kategori sedang. Pendapatan usahatani kedelai di Desa Ngembe sebesar Rp 6,633,274. Artinya pendapatan petani di daerah penelitian lebih tinggi dan berbeda nyata dengan rata-rata pendapatan di wilayah Jawa Timur. Tingkat efisiensi pasar berhubungan positif terhadap tingkat pendapatan usahatani petani kedelai, terlihat dari hasi korelasi bernilai +0,430. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dengan perbaikan terhadap saluran pemasaran dengan memperpendek saluran pemasaran dengan menjual hasil produksi kedelai langsung ke home industri atau ke pengecer