A Review of Topic and Subject Content in English Coursebook “When English Rings a Bell” For Grade VIII Junior High School by Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Republik Indonesia
Main Author: | Putri, Rizky Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7789/ |
Daftar Isi:
- Buku ajar adalah salah satu hal terpenting dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut bisa membantu guru dan siswa dalam penyampaian materi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah topic dan isi subjek pada buku “When English Rings A Bell” untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi kriteria berdasarkan teori Cunningsworth (1995) dan silabus pada kurikulum 2013. Model penelitian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kualitatif deskriptif. Data diambil di semester pertama dari bab 1 sampai 6 karena itu sudah bisa mewakilkan buku tersebut bagus atau tidak. Penelitiannya berfokus pada topic dan isi subjek yang terdapat pada buku. Data analisis berdasarkan pada ceklis kriteria. Peneliti menggunakan ceklis dari Cunningswoth (1995) dan berdasarkan kurikulum 2013. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa buku “When English Rings A bell” untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi semua criteria untuk topic dan isi subjek yang bagus berdasarkan criteria dari Cunningsworth (1995) dan silabus dari kurikulum 2013. Peneliti menemukan bahwa topik yang nyata tercantum dalam buku, topic dan isi subjek pada buku bisa menambah pengalaman siswa, topik yang digunakan sesuai dengan tingkatan pelajar, topic pada buku menggunakan materi yang autentik dan topic pada buku bisa memotivasi siswa. Buku tersebut menerapkan metode pengajaran yang berpusat pada siswa yang menjadi pokok pembelajaran berdasarkan pada kurikulum 2013, mempunyai banyak aktivitas yang bervariasi dan membuat siswa lebih tertarik dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, peneliti memberikan saran dalam penggunaan buku ajar, guru harus mempertimbangkan apakah buku tersebut layak digunakan dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan.