The Use of Flashcards to Improve Students’ Vocabulary Mastery
Main Author: | Irfan, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7730/ |
Daftar Isi:
- Untuk dapat menguasai semua keahlian dalam berbahasa Inggris, siswa harus mengetahui sejumlah kosakata karena hal tersebut merupakan kompetensi dasar dalam belajar bahasa Inggris. Akan tetapi, siswa biasanya menghadapi beberapa masalah saat mereka mempelajai kosakata. Salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran kosakata adalah kebosanan siswa saat mereka harus menghafal katakata. Oleh karena itu, guru harus menyediakan media pembelajaran yang menarik saat kegiatan belajar mengajar berlangsung agar mempermudah siswa untuk mempelajari kosakata. Berdasarkan pengamatan peneliti saat peneliti melakukan magang dan menjadi guru pengganti kelas di 8A SMP Ahmad Yani Batu, sebagian besar siswa kurang menguasai kosakata bahasa Inggis. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengajukan sebuah strategi pengajaran dengan menggunakan flashcards sebagai media pembelajaran dalam pengajaran kosakata. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan Penelitian Tindakan Kelas sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Ada empat tahap yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti menggunakan lima instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu tes kosakata, daftar observasi pengajaran, daftar periksa partisipasi siswa, kuesioner siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan flashcards dalam pengajaran kosakata berhasil meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Berdasarkan hasil tes kosakata, nilai semua siswa pada post test meningkat dari nilai mereka pada pre-test. Itu berarti kriteria keberhasilan telah tercapai karena peneliti menentukan bahwa tindakan tersebut akan dianggap berhasil jika 100% nilai siswa dalam post test meningkat minimal 1 poin dari nilai mereka pada pre-test. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan flashcards sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.